‘Mahluk Halus’ di Akar Tanaman

Jangan pernah menyangka kalau di bawah tanah adalah dunia yang sepi, khususnya di daerah akar tanaman. Sesungguhnya wilayah ini adalah wilayah yang sangat ramai, sibuk, dan hirup pikuk. Kalau kita cabut akar tanaman, lalu kita bersihkan sisa-sisa tanahnya, maka di akar itu ada milyaran ‘mahluk-mahluk halus’ yang sedang sibuk bekerja.

akar_jagung1

Mahluk-mahluk itu disebut makhluk halus karena tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Mahluk ini super kecil, untuk melihatnya perlu bantuan mikroskop dengan pembesaran kurang lebih 1000x. Karena ukurannya yang super kecil, mahluk ini juga disebut mahluk mikro atau mikroba atau mikrobia (mikro = kecil, bio : mahluk hidup). Dalam secuil akar saja terdapat milyaran mahluk-mahluk halus ini.

Mikroba yang baik saling membantu dan saling bekerja sama dengan akar tanaman. Mikroba-mikroba ini membantu tanaman dalam menyerap sari pati makanan (unsur hara) dari dalam tanah. Misalnya saja, mikroba pelarut fosfat (P). Di dalam tanah umumnya P diikat oleh mineral liat tanah, sehingga sulit untuk ‘dimakan’ oleh tanaman. Nah…,mikroba pelarut P ini melepaskan ikatan itu, sehingga P menjadi mudah ‘dimakan’ oleh akar tanaman. Sebagai imbalannya, akar tanaman akan memberi makan pada mikroba-mikroba ini.

Ada juga mikroba yang menjadi sahabat karib tamanan. Misalnya saja Rhizobium (baca artikelnya di sini).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s